Jangan Takut Salah

Well, helloooo....

Kali ini aku mau cerita tentang kesalahan. Aku mencontohkan diriku sendiri aja. Seriiiiiiing banget aku ngerasa takut salah. Itu jadi menghambat pergerakanku sih. Misalnya buat menyampaikan apa yang kupikirin pun, lebih suka milih buat disimpen aja daripada dikeluarin tapi salah, berdasarkan standar kebenaran lawan bicaraku.

Entah apa yang melatarbelakangi itu. Tapi emang gak mudah mengubah apa yang udah bersarang sekian puluh tahun dalam benak kita ini, jadi sesuatu yang baru. Cuma gak masalah juga kalo mau dicoba.

Belakangan ini aku lagi belajar di desa kan. Nah, ada satu momen saat diskusi bareng, aku ditanyain pendapat. Apa yang kupikirkan. Truuuss, perasaan takut salah itu langsung muncul seketika dan menghambat kata-kata yang mestinya bisa dikeluarkan, menghambat apa yang bisa kupikirkan. Aku seperti dijajah oleh ketakutan yang entah darimana asalnya. Dan ia menyadari itu.

"Lu takut sama gue ya?"
"Enggak, gue..takut salah.." jawabku.
"Lu udah pasti salah. Gak usah takut salah. Semua yang kita lakuin ini udah pasti salah. Tapi setidaknya gue yakin sama pendapat gue. Gue juga pengen lu kayak gitu, bisa mempertahankan argumen lu. Jadi diri lu sendiri aja, jangan ngikutin yg gue pikirin. Kalo gak salah, kita gak belajar."

Hehehehehehe, ner uga sih. Saat diperlakukan sebagai "manusia", aku malah takut. Dasar aku huhu.

But today was fun! Thank yooouu~

Comments

Popular posts from this blog

Review Series: Gadis Kretek (2023)

Review Film: Petualangan Sherina 2, Membangkitkan Memori Masa Kecil

Series Celebrity di Netflix