Berdamai dengan Kritik

Pernah gak sih ngerasa kesel ketika kita udah ngerasa ngelakuin yang terbaik, tapi ternyata cuma dapet kritikan? We thought that we've done our best, but it's just not enough. 

Sakit hati? Ngerasa gak berharga?

Well...

Aku mau share dikit opiniku tentang ini. Sorry sebelumnya kalo tulisan ini jauh dari EYD dan gado-gado bahasanya. Oke, jujur, aku pernah banget ngerasain ini. Aku ngerasa udah ngelakuin yang terbaik menurutku, aku mau bikin dia senang dan bangga sama aku. Tapi... nyatanya gak gitu. Dia gak ngerasa senang, malah cenderung kasih kritik. Aku, tentu aja ngerasa sedih dan gak terima waktu itu. Aku nangis di depannya. Trus dia nanya, kenapa aku malah nangis. Berdebat lah kami. Sampai akhirnya dia bilang, "emangnya kamu harus jadi orang yang paling baik? kenapa gak bisa menerima kritik?"

Dang!

Dari situ, aku mulai merenungi lagi. Bener juga sih. Apa salahnya emang kalo dapet kritik?

Aku mulai paham, dia ngasih kritik bukan karena menilai aku buruk. Dia cuma mau ngasih pandangannya. Kalo menurutku aku udah lakuin yang terbaik tapi ternyata bukan itu yang dia butuhin, masa iya aku gak mau dengerin apa yang dia pikirin. Egois banget ya kaaaan. Dari situ aku mulai ngerti dikit-dikit, kalo diskusi dan komunikasi, whatever you name it, perlu ada yang bicara perlu ada yang mendengar daaaan yang penting juga adalah perlu gantian. Gak bisa deh kalo satu pihak doang yang bicara dan pihak lain yang mendengar terus. 

Poin kedua yang aku mulai paham adalah, yaaa hanya karena aku ngerasa udah do my best trus aku mestinya gak perlu claim kalo aku ini lebih baik, paling baik. Shombonk amadhhh. Ini bahaya sih menurutku kalo dipelihara mulu perasaan begini. Setan juga waktu itu jadi dilaknat karena dia ngerasa lebih baik. Banyak-banyak mohon ampun dah kalo udah mulai ngerasa lebih baik cuma karena tau sesuatu atau punya sesuatu atau ngelakuin sesuatu. Jebakan bangeeet.

Terakhir, aku jadi tau kalo aku bisa jadi diriku sendiri dan tetap dicintai. Mengembangkan diri jadi lebih baik itu penting karena selama hidup kita perlu terus belajar. Tapi biasa aja. Upgrade diri karena emang kita ngerasa butuh diperbaharui aja, bukan karena pengen bikin orang lain terkesan, meskipun itu pasangan kita sendiri, keluarga kita sendiri, dan orang-orang lainnya. Tenang aja, yang beneran tulus cinta sama kita ini bakal tetep cinta kok walaupun kita bukan sosok paling pinter atau paling cakep, atau paling-paling lainnya. 


Have a nice day!

Comments

Popular posts from this blog

Review Film: Petualangan Sherina 2, Membangkitkan Memori Masa Kecil

Review Series: Gadis Kretek (2023)

Series Celebrity di Netflix