Review Series: Summer Strike

 

Waktu itu lagi gabut dan pengen nyari tontonan drama baru karena semua list dramaku udah kelar ditonton. Eh, ketemu sama drama satu ini. Gak nyangka banget ternyata dramanya baguuuusss. Setelah googling, ternyata drama ini keluaran tahun 2022. 

Gambaran ceritanya di drama ini tuh tentang seorang gadis yang udah muak sama kehidupan perkantoran di kota. Dia kerja setiap hari sampe malam, tapi penghasilannya juga cuma cukup buat makan dan kebutuhan sehari-hari. Ditambah lagi waktu itu ada kejadian sedih yang menimpa dia bertubi-tubi. Akhirnya dia memutuskan untuk berkemas dari tempat tinggalnya di kota dan mau coba hidup di pedesaan. Sampai akhirnya ada suatu tempat yang membuatnya ingin tinggal di sana.

Kalo dari segi cerita, menurutku drama ini cukup ringan, maksudnya yaaa slice of life aja gitu. Meskipun maknanya juga gak bisa dibilang ringan sih. Beberapa episode sukses bikin air mata menetes....

Jujur, drama ini cukup memengaruhiku dan ngasih insight banget. Jadi kayak tergoda untuk hidup "sederhana". Sesederhana bisa ngelakuin apa aja yang aku mau. Bahkan gak ngelakuin apa pun juga boleh gitu. Hidup damai~

Ya walaupun untuk memenuhi kebutuhan hidup tentu aja kita perlu uang. Tapi drama ini kayak ngajarin, ada loh cara hidup yang nggak berorientasi pada uang aja. Uang itu cuma digunain buat alat tukar, buat beli bahan makanan atau kebutuhan lain. Intinya lebih ke menyederhanakan kebutuhan dasar hidup aja gitu. Kayak tempat tinggal, ya basic neednya kan sebagai tempat berlindung. Si gadis ini bahkan mau tinggal di tempat bekas billiard yang udah gak terurus selama 20 tahun. Karena cuma tempat itu yang sesuai sama kemampuan dia bayar sewa. Oh, I see, hidup sesuai dengan kemampuan! 

Jadi inget teori stoik, hidup selaras dengan alam. Alam bukan hanya soal "environment" tapi lebih ke "nature". Hidup selaras dengan alam emang sangat membantu untuk bisa bersyukur dan menjalani hidup dengan damai.

Biasanya kalo dari motivasi self development gitu, kita diarahin buat cari tau tujuan hidup kita, trus set langkah-langkahnya supaya bisa menuju ke sana. Tapi di drama ini kayak ngasih insight baru, kalo hidup bisa juga dijalanin apa adanya, mengalir aja. Gapapa kalo belum tau alasan kenapa kita hidup di dunia ini, tapi yang penting adalah kita tau apa yang kita mau dan apa yang membuat kita merasa bahagia. Kalo yang aku tangkep, kita gak harus selalu tau "tujuan besar" dalam hidup sekarang juga. Take it easy, let it flow, karena sepanjang hidup emang ajang buat belajar. Mungkin saat ini belum tau, barangkali tahun depan udah tau, atau sepuluh tahun lagi baru tau. Tapi jangan lupa tetap hidup berbahagia. Bahagia bagiku gak terbatas pada rasa senang dan gembira aja, tapi juga sudah bisa menerima rasa sedih dan kecewa. Hidup bahagia menurutku saat ini adalah hidup dengan menerima semua yang telah terjadi maupun yang akan terjadi. 

Salah satu quote yang aku suka banget dari drama ini...


Pokoknya menurutku drama ini sangat layak buat ditonton. Trust me 😉

Comments

Popular posts from this blog

Review Film: Petualangan Sherina 2, Membangkitkan Memori Masa Kecil

Review Series: Gadis Kretek (2023)

Series Celebrity di Netflix