Ternyata Bukan Mimpi

Bukan suatu hal yang aneh ketika setiap perjalanan menyisakan sepenggal kisah. Memang pada hakikatnya, pelaku perjalanan akan mencari kisah, meski akhirnya hanya untuk dikenang. Dalam setiap duduk, berdiri, bahkan berjalanku kini tak lagi kosong. Ada beberapa penggalan kisah yang tersisa dalam memoriku. Masih ingin tinggal, masih ingin dikenang. Mungkin karena cukup bermakna. Kadang membuatku tersenyum. Kemudian membuatku terdiam dan berpikir ulang. 

Beberapa mata ternyata punya metode sendiri untuk melihat suatu objek. Maksudku, objek yang sama belum tentu akan terlihat sama. Bagiku apel merah begitu mewah untuk dinikmati sebagai makan malam. Bagi putri salju setelah bangun tidur, apel merah terlalu bahaya untuk dikonsumsi. Meski tidak ada yang tahu apel itu mengandung racun atau mengandung zat baik.

Beberapa kejadian menarik dan menyenangkan ternyata tak selalu baik untuk konsumsi jiwa. Boleh jadi ada yang tidak sesuai dengan nilai yang telah dipegang sejak lama. Kemudian aku dihadapkan pada dua kondisi yang harus dipilih. Padahal aku belum memiliki banyak referensi. Kemudian ada suara sangat kecil yang mendesak untuk didengar. Padahal telingaku ada dua. Kemudian mulai terasa sesak dalam rongga dada. Padahal masih tersedia cukup ruang di sana.

Ada sebuah tempat yang kudatangi. Indah sekali. Sejuk dan menenangkan. Ternyata tuhan sangat suka berkreasi, diciptakan-Nya makhluk dengan segala jenis keunikannya. Aku bertemu salah satu yang menarik. Kadang warnanya merah muda, lalu menjadi abu-abu, tak lama kemudian menguning. Kemampuan beradaptasi yang baik. Sampai terpukau aku dibuatnya.

Ia gemar sekali bercerita. Meski aku tak tahu cerita mana yang orisinil, cerita mana yang dimaksudkan sebagai hiburan. Tapi aku suka mendengar ceritanya. Kemudian aku tersenyum. Kemudian aku terdiam dan berpikir ulang.

Ternyata ini bukan mimpi. Aku sedang tidak tertidur.

Comments

Popular posts from this blog

Review Film: Petualangan Sherina 2, Membangkitkan Memori Masa Kecil

Review Series: Gadis Kretek (2023)

Series Celebrity di Netflix