We're All Bad in Someone's Story

Sejujurnya, aku gak ngikutin Avenger dan kawanannya itu. Tapi waktu film Infinity War, aku ikutan nonton. Dan tokoh yang menarik buatku adalah Thanos, dengan segala keunguannya heehhee. Adegan yang cukup mengejutkan adalah ketika Thanos mendorong Gamora, anaknya sendiri, ke jurang, sampai mati! Demi mewujudkan cita-citanya. I was amazed!

Daaan... kayaknya udah familiar banget ya cita-cita Thanos ini, menghilangkan setengah populasi dunia supaya sumberdaya yang ada bisa cukup digunain. 

Here's the meme anyway~

Thanos mungkin dilihat sebagai tokoh yang jahat, bagi mereka yang terbunuh. Thanos mungkin juga dilihat sebagai pahlawan, bagi mereka yang ternyata terselamatkan dan bisa tetap menikmati sumberdaya yang tersedia. Dari sini, aku makin yakin kalo kita gak berhak nentuin seseorang jahat atau baik karena emang tiap kita punya semua potensi itu. 

Dulu, aku menganggap kalo aku ini orang baik. Karena aku merasa mengikuti banyak aturan "baik" yang diajarkan. Hanya karena aku melakukan hal yang baik, aku seenaknya aja melabelkan diriku sebagai orang baik. Konyol memang. Tapi, itu dulu. Sekarang, kalo ada yang bilang aku baik, rasanya malah mau ketawa sambil bilang dalam hati, 'you just have no idea who i am mhehe '.

Nah, begitu juga sebaliknya sih. Cuma karena seseorang melakukan hal buruk, gak adil dong kalo langsung dilabelin jadi orang jahat. Mungkin karena dulu kita kebanyakan disuguhin tayangan sinetron kali ya, peran antagonis selaluuuuuu aja bikin ulah yang ngerepotin sang protagonis. Trus kita jadi sebenci-bencinya sama tokoh itu. Padahal di dunia yang katanya nyata ini, jarang sih orang bisa konsisten jahat terus gitu seumur hidupnya. Manusia terlalu dinamis untuk itu. Preman aja bisa pensiun. (eh itu acara komedi ya?)

Oh iya, ada beberapa film Indonesia yang menginspirasi juga nih untuk penokohan antagonis yang ternyata gak bisa dibenci. Pertama, Posesif. Awalnya aku ngerasa kesel banget sama si tokoh pria utamanya. Tapi di akhir cerita dijelasin kenapa dia bisa begitu, dan penjelasan itu bikin aku gak bisa nyalahin si tokoh pria utama ini.  Trus lagi di film Imperfect, ibunya si tokoh perempuan utama yang selaluuuu ngebandingin anaknya dari segi fisik. Ternyata, ibunya punya luka di masa lalu yang bikin dia agak trauma soal penampilan fisiknya. Terakhir deh nih, tokoh ayah di film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Awalnya kesel banget kan ya sama si ayah yang kolot banget ini. Tapi, lagi lagi, dia punya alasan kenapa bisa kayak gitu. 

Dan pada akhirnya, kita gak berhak nyalahin siapa pun. Gak ada yang bisa disalahin. Paling gampang ya intropeksi diri, itupun suka susah sih rasanya hehe. Kalo udah gitu, buat ngurangin rasa sakit yaaa mau gak mau harus belajar nerima. Everything has been set? Hm.

Comments

Popular posts from this blog

Review Film: Petualangan Sherina 2, Membangkitkan Memori Masa Kecil

Review Series: Gadis Kretek (2023)

Series Celebrity di Netflix